Teddy Sujaya   Leave a comment

Drummer-GodBlessTeddy Sujaya

Teddy Sujaya (lahir di Jakarta tanggal 13 Juni 1954; umur 57 tahun) adalah seorang drummer rock Indonesia, merupakan mantan drummer band rock legendaris Indonesia, God Bless.

Teddy mulai bermain drum sejak usia 10 tahun. Dari mulai band Venus, Etika Nada, Flotilla (band Angkatan Laut), lalu sempat masuk Bharata Band sebelum ditarik Ian Antono ke band Bentoel (Malang). Tahun 1975, Teddy ganti mengajak Ian Antono masuk God Bless.

Teddy turut membantu God Bless dalam pembuatan album-album berikut:

God Bless (1975)

Cermin (1980)

Semut Hitam (1988)

Raksasa (1989)

Apa Kabar (1997)

Bersama God Bless, mereka berhasil menelurkan lagu-lagu rock yang tetap dikenang sampai saat ini seperti Semut Hitam, Kehidupan, Rumah Kita, Musisi, Bla..Bla..Bla.., dan Huma di Atas Bukit. Permainan drumnya yang dinamis bersama God Bless pada album Cermin dan khususnya pada lagu Musisi mungkin merupakan atraksi drum rekaman rock terbaik diIndonesia sampai saat ini.

Selain mahir bermain drum, Teddy juga seorang penulis lagu yang andal. Sebagai penulis lagu, Teddy Sujaya pertama menyumbang ide dalam salah satu bagian lagu Musisi (God BlessCermin), lalu dilanjutkan dengan satu lagu Trauma di album Semut Hitam dan lagu Raksasa di album Raksasa. Lagu terakhir yang diciptakannya bersama God Bless adalah Srigala Jalanan (di album Apa Kabar?) yang awalnya didapat saat berjam session bersama Eet Syahranie.

Selain mencipta lagu untuk God Bless, Teddy Sujaya juga banyak menyumbang lagu untuk artis lain. Beberapa diantaranya jadi hit besar: Bis Kota, Mimpi, Tua Tua Keladi, Gaya Remaja. Belum lama ini, Mimpi dan Tua Tua Keladi bahkan dirilis ulang dengan aransemen baru.

Di antara masa-masa senggang bersama God Bless, Teddy sempat mengisi drum untuk Duo Kribo, Jurang Pemisah (Jockie Surjoprajogo), Lagu Untukmu (Donny Fattah), membentuk trio TAG (Teddy, Arthur, Gideon), mencipta lagu serta menangani solo album Ahmad Albar dan Anggun C. Sasmi.

 

Beberapa lagu ciptaan Teddy adalah:

Ahmad Albar – BisKota (Teddy Sujaya – Tantowi)

Ahmad Albar – Pengangguran (Teddy Sujaya – Tantowi)

Anggun C. SasmiMimpi (Teddy S -PamungkasNM)

Anggun C. SasmiTua Tua Keladi (Teddy S -PamungkasNM)

Anggun C. SasmiGaya Remaja (Teddy S – Mauli G – Narashima)

Kathy and The Galatians – Cinta Setengah Mati (Teddy S – Herijal)

Kathy and The Galatians – Raja Bego (Teddy S – Herijal)

Seiring dengan bertambahnya usia, pada tahun 2001 Teddy Sudjaya menyatakan hengkang dari God Bless[3] dan posisinya sempat diisi Gilang Ramadhan, yang kemudian diganti lagi oleh Yaya Moektio pada 2007.

Orang lebih mengenal Teddy Sujaya sebagai drummer God Bless, padahal sejak awal 1990-an, ia sudah mulai menjajaki karier sebagai produser. Sekarang Teddy Sujaya lebih banyak aktif sebagai produser, diantaranya menangani band Lentik (salah satu asuhan label Nagaswara) dan menangani serta mencipta lagu untuk band putrinya, Kathy and The Galatians yang akan meluncurkan album keduanya.[1]

 

Posted 24 February 2012 by kmk3123hendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: